Kamis, Maret 17, 2016

About NTC (NIIT & TELKOM CENTER) Bandung

  44 comments    
categories: ,
Hi Readers!

Sebenernya udah lama banget pengen nulis tentang NTC (NIIT and TELKOM CENTER) yaitu lembaga pendidikan non gelar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dan NIIT dari India. Kampus tercinta yang banyak menelurkan para IT Professional di Indonesia (cie elaaa…) dan merupakan cikal bakal dari Politeknik Telkom yang sekarang sudah menjadi satu bernama Telkom University yang keren banget dan membanggakan setiap alumninya itu lho (hahahaha lebaaaayyy)

Kenapa sih saya pengen nulis tentang NTC? 
Simpel, karena saya adalah lulusan kampus ini.

Awal mula bisa masuk NTC?
Kenapa sih bisa masuk NTC dan dari mana tau ada kampus ini?
Ya dulu saya ikut SMBB Telkom yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Pilihan pertama saya pilih S1 Teknik Telekomunikasi, pilihan 2 saya pilih D3 Teknik Informatika, dan pilihan ketiga saya pilih NTC. Setelah mengikuti seleksi waktu itu saya ikut seleksi SMBB di SMAN 54 Jakarta dikarenakan saat itu tahun 2007 tidak ada seleksi SMBB di kota Bekasi. Hari pengumuman pun tiba, pak pos datang membawa surat yang berisi telah diterimanya saya sebagai mahasiswa di lembaga pendidikan NIIT & Telkom Center Bandung. Saat itu saya mengikuti SMBB gelombang pertama. Setelah meminta izin orang tua, akhirnya saya putuskan untuk ambil kesempatan kuliah di salah satu kampus milik YPT itu, walau hanya D2 dan tanpa gelar, saya berfikir mungkin ini yang terbaik untuk saya hingga saya memutuskan untuk tidak mengikuti SPMB maupun seleksi masuk universitas lainnya. Karena saat itu saya pikir semua kampus Telkom lulusannya akan ditarik ikatan dinas bekerja di PT. Telkom (haduh ndeso nya saya waktu itu) hahahhaha

Ospek di NTC?
Setelah menunggu beberapa bulan dikarenakan baru selesai Ujian Nasional akhirnya hari yang ditunggu datang. Saya datang ke kota Bandung sebagai calon mahasiswa NTC. Saat itu banyak yang tidak mengenal NTC  ya saya bilang aja Telkom (mereka cuma angguk – angguk ntah ngerti atau tidak).
Ospek di NTC sangat – sangat mengesankan ya kalau menurut saya. Disamping ospek indoor ada juga ospek outdor. Ospek Indoor kami keliling – keliling sekitar kampus ada kampus 1 dan kampus 2 diderah dekat gedung sate. Ospek indoor lebih ke training – training pengenalan dunia IT di dalam ruangan yang isinya seperangkat PC satu anak satu PC (keren lah untuk ukuran saat itu untuk fasilitas ruangan kelas untuk kampus IT di Indonesia) hohoho lebaiiiii….
Gak hanya di dalam sekitar kampus yang minimalis tapi asik, kita juga jalan – jalan ke taman lansia, main game – game yang dikasih para senior yang ganteng – ganteng dan cantik – cantik yang dihubung – hubungkan sama istilah – istilah IT.
Sarapan nasi kotak saat ospek indoor


Pasukan pengibar bendera saat ospek
Pemilihan raja dan ratu ospek ( hahaha)

Ospek Outdor kami jalani di bumi perkemahan Rancaupas Ciwidey, prosesnya? Huuuuuu jangan tanya deh panjang dan sangat – sangat mengesankan. Kami yang dari berbagai penjuru Indonesia dari sabang sampai merauke dibina agar selalu kompak dan peduli satu sama lain. Keren lah pokoknya. Buat yang waktu SMA gak ikutan organisasi pasti akan kaget saat menjalani ospek outdor yang keren ini, untung saya dulu pernah ikut Paskibra dari gak kaget – kaget amat lah sama situasi seperti ospek outdoor ini. Kebetulan saat penutupan Ospek adalah hari kemerdekaan yaitu tanggal 17 Agustus, kami semua yang dahulunya adalah anggota Pakibra dan Paskibraka dari seluruh Indonesia digabung menjadi satu menyusun upacara di tengah hutan dengan peralatan sederhana.
Hayo pada masih kenal gak sekarang
Capek abis ngerayap

Para danton kita



Opening Ceremony -  senior kami berfoto dengan Pak Budi Rahardjo (Orang IT pasti kenal siapa beliau)

Saat kuliah di NTC?
Kuliah disini bener – bener menguras tenaga, otak, waktu dan uang (hahahaha serius ini) rasanya seperti babak belur plus nangis – nangis darah, bahkan banyak teman – teman saya yang meyerah keluar dari kampus ini karena tidak kuat mengikuti perkuliahan disini, ada juga yang keterima di kampus impiannya juga sih. Saya sendiri sampe nangis – nangis telepon mama minta doa restu setiap kali akan OLT (Online Test) karena susah sekali untuk lulus (silahkan tanya lulusan NTC atau NIIT diseluruh dunia kalo gak percaya). Plus zikir, baca doa segala macem sebelum menekan tombol “End Test” berharap lulus.
Pembelajaran di NTC terdiri dari ISAS, Project, OLT.
Apa itu ISAS (Information Search Analysis Skill)?
Para mahasiswa diharapkan mampu untuk mencari, mengumpulkan dan menganilis segala macam tema atau isu – isu baik yang lama maupun yang terbaru tentang dunia IT (biasanya tema menyesuaikan dengan bahasan yang sedang dipelajari dalam quarter tersebut, misalnya kita sedang belajar tentang database maka semua pembahasan ISAS harus tentang Database. Setelah laporan ISAS selesai kami harus mempresentasikan di depan dosen pembimbing, dosen penguji dan teman – teman satu batch (sekelas) baik dokumentasi maupun presentasi dalam bahasa Inggris.
Yah mau gak mau, suka gak suka harus dijalani sampai lulus terhitung kami membuat, menganalis dan mendokumentasikan ISAS sebanyak 8 kali ISAS
Apa itu Project?
Project adalah lanjutan dari ISAS walau gak harus berhubungan dengan judul ISAS tetapi Project itu lebih ke pendalaman materi dan pengimplemetasiannya. Misal: saat quarter tersebut Memepelajari tentang Database maka kami harus mampu merancang suatu database untuk sebuah program baik berupa aplikasi desktop maupun website. Makin tinggi quarter skala 1-8 makin banyak materi yang digunakan dan makin sempurna projek yang kami buat, misal pada saat quarter – quarter akhir kami sampai pada materi JSP (Java Server Pages) atau javebean atau yang lain – lain. Di project kami harus lengkap ada HTML, Java, Javascript, de el el. Project lebih berat dibandingkan ISAS dikarenakan dalam project ini kami harus menghasilkan suatu produk, software atau website yang harus dapat didemokan. Presentasi dilakukan sama seperti ISAS, total sampai lulus kami membuat 8 Project (amazing ya).
Apa itu OLT (Online Test)?
Contoh soal OLT
OLT adalah tahap terakhir setelah ISAS dan project yang menentukan lulus atau tidaknya kami ke quarter berikutnya. Kami semua berjuang keras untuk bisa melalui tahap ini, berat banget deh kalo ngebayangin saat – saat itu. Online test bagi yang belum tau tidak seperti yang kalian bayangkan. Kami masing – masing melakukan ujian di PC kampus dengan cara mengklik icon di desktop yang merupakan suatu aplikasi yang telah terhubung dengan bank soal dari NIIT pusat yang konon katanya berjumlah ribuan soal. Soal – soal yang dikeluarkan berupa pilihan ganda dengan bahasa inggris india yang agak – agak sulit dimengerti menurut saya karena ambigu, dan banyak juga soal – soal berupa kodingan yang muncul yang membuat kepala sakit, perut mules plus mau muntah saat mengerjakannya. Hahahahhaha…..
Saat menekan tombol Start Test waktu berhitung mundur, semakin dilihat semakin cepat sekali waktu berjalan, disaat waktu habis kita tidak bisa menekan tombol apapun selain End Test, hahaha tombol yang menetukan lulus tidaknya OLT kami. Jika lulus maka akan muncul tulisan Passed warna hijau dengan menjukkan persentase nilai kita, sedangkan jika tidak lulus akan muncul tulisan failed berwarna merah. Jika lulus kami bisa menyongsong quarter baru dengan tenang (biasanya OLT jumat, senin sudah quarter baru tergantung jadwal batch masing –masing). Jika tidak lulus banyak juga yang nangis lho, hahahaha dan kami harus mengikuti remedial sampai lulus OLT (bayar 200rb sekali remedial) hahaha....
Bahkan banyak teman – teman saya yang memutuskan mundur dari kampus ini karena beberapa kali remedial OLT tidak lulus – lulus.
Intinya OLT adalah momok paling menakutkan untuk anak – anak NTC saat itu, setelah lulus OLT kami belum bisa lega dikarenakan kami harus mengikutin OLT – OLT berikutnya sampai kami lulus, kami baru bisa lega setelah bisa melalui OLT quarter terakhir yaitu quarter 8.

Hal - hal yang cuma anak NTC yang tau
  • Deg - degan nya saat ISAS, Project dan OLT
  • Rumah makan legendaris Gempol (piscok nya banyak yang buru)
  • Rumah makan hijau dan pink (kalau duit masih banyak makan siang di rumah makan hijau kalau udah tanggal tua makan di rumah makan yang pink karena lebih murmer)
  • Soto ayam dengan koya nya yang banyak banget yang suka mangkal di depan kampus
  • Banyak para hacker dan programmer handal yang sudah terlihat bakat dan gerak-geriknya sejak awal perkuliahan
  • Laptop yang kala itu termasuk barang lumayan mewah di tempat lain tetapi seperti kacang untuk anak - anak NTC (karena bisa dibilang wajib punya laptop di tahun 2007 dengan spesifikasi yang lumayan tinggi saat itu dikarenakan untuk programming dan dota kebayang ribetnya saat project jika menggunakan PC)
  • Kalau ditanya orang kuliah dimana, banyak yang gak tau NTC. Yaudah jawab aja Telkom. Pasti dikira STT Telkom (iya in aja daripada panjang, dijelasin ngalor ngidul ngetan ngulon juga gak ngerti) hahahha
  • Kuliah di dua kampus dengan jurusan yang berbeda di dua kampus yang berbeda itu rasanya nyosssss (NTC + Politeknik Telkom) disaat NTC libur quarter Poltek masuk, disaat Poltek libur semester NTC masuk, wes jarang pulang kerumah orangtua, padahal cuma Bandung -Bekasi aja jarang pulang
  • Merasakan perbedaan gaya hidup dan udara yang mencolok yang sebelumnya tinggal di pusat kota Bandung setelah pindah ke Bojongsoang, asa gimana kitu nya jauh dari mana - mana.
  • Disaat lulus dari NTC plong dan bangganya luar biasa
  • Menjalani 3 kali wisuda ( untuk anak NTC + Poltek + Ekstensi Kampus Lain) dan 2 kali wisuda (untuk anak NTC + kampus aliansi NIIT) untuk mendapatkan gelar Sarjana yang orang lain cukup kuliah di satu kampus, satu jurusan.
  • Biaya kuliah yang lumayan jika dibandingkan rata - rata kampus lain saat itu NTC (4 Jt)  + Poltek ( 5 Jt) harusnya kami membayar 9 Juta setiap semester tetapi kami hanya membayar 6 Juta per semester dikarenakan beasiswa dari PT. Telkom khusus untuk anak (NTC + Poltek)
  • Kuliah dari senin sampai sabtu dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore (bahkan pernah sampai malam dikarenakan special condition)

Jurusan di NTC?
Ada dua jurusan di NTC:
  • Software Engineering (dibagi lagi menjadi Java dan .NET)
  • Network Engineering (kurang tau didalamnya karena saya bukan anak NE)

Wisuda NTC?
Setelah kami melalui ISAS 8 kali, Project 8 Kali dan OLT 8 kali, kami dihadapkan kepada Project Akhir. Sebagai penentuan lulus tidaknya kami dari kampus ini. Akhirnya tibalah saatnya  kami wisuda tahun 2009 setelah 2 tahun menempuh kawah candra dimuka di tempat penggemblengan para calon – calon professional IT (hahahahhaha lebay banget sumpah). Disini baru terasa sekali aura – aura bahagia para wisudawan tanpa gelar ini hanya sedikit dari kami yang akhirnya lulus dari sini dan mendapkan sertifikat resmi dari NIIT, dikarenkan cukup banyak juga yang mental dan memilih meninggalan kami yang masih gigih berjuang demi cita –cita.

Profil lulusan NTC?
Hampir semua teman – teman saya bekerja sesuai jalur kami yaitu sebagai Profesional di Bidang IT, walau ada juga yang memilih bekerja di luar bidang IT tetapi tidak banyak (ada yang menjadi PNS, Event Organizer, Marketing, Pramugari, Ibu rumah tangga maupun berwirausaha namun tidak banyak). Kebanyakan dari kami bekerja sebagai Programmer, Software Tester, Business Analyst, System Analyst, Database Administrator, Implementor, Network Engineer, Technical Writer, IT Support, Project Administrator dan Project Manager.

NTC sekarang?
Angkatan saya adalah angkatan terakhir NTC yang masuk tahun 2007 dan lulus tahun 2009, yang akhirnya lahirlah Politeknik Telkom (kampus tempat saya kuliah juga selain di NTC) walaupun kampus yang berbeda tetapi banyak yang mengira NTC adalah Poltek karena sebagian besar angkatan pertama Poltek adalah anak NTC, padahal didalamnya ada juga anak Program Professional STT Telkom (D1).
Dan yang saya tahu sekarang semua kampus di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom baik IT Telkom, IM Telkom, Poltek Telkom, STISI Telkom digabung menjadi Telkom University di satu kawasan di Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Sekian dulu ya sedikit kisah saya yang pernah yang menuntut ilmu di NTC, untuk teman – teman yang membaca blog ini, mohon koreksi dan tambahannya atau komentarnya (siapa tau sambil nostalgia mengenang saat – saat indah dulu) hahahahha….
Thanks…..daaaa…






44 komentar:

  1. Jurusannya linux ama microsoft say.hihii
    Tp yg buka cm linux sih angkatan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya makasih Ari infonya, hahaha kamu ngambil Linux ya dulu?terus Polteknya ngambil TK?

      Hapus
  2. Wuriiii wakakakakakakak
    Inget banget nah sama isas sama project ��������
    Kayaknya gw doang satu2nya lulusan NTC yg gak ngelanjutin kuliah kemana mana dan kerjanya malah kd WO. Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riaaaaaaaaa ada kok yang gak ngelanjut kemana - mana , terus kerjanya juga gak dibidang IT hihihihi, kalo dikasi script Java masi inget gak ria?anyway eksis di blog juga ya ria? aku follow blognya ya .... :D

      Hapus
  3. Pengalaman 9 tahun yang lalu euy. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka iya bro, masi inget kan jaman - jaman perjuangan? :D

      Hapus
  4. Salam kenal kk, bagus deh ada yg nulis tentang NTC biar orang gak kebingungan tiap kali aku ngelamar kerja wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anggoro, iya nih habis saya lagi iseng - iseng googling tentang NIIT and Telkom Center gak ada info apa - apa. Sedih deh, makanya saya tulis di blog saya biar NTC gak hilang ditelan sejarah. Anyway NTC angkatan taun berapa?

      Hapus
    2. Finally ada yang ngulas juga kampus super exclusive ini. Most memorable time for me.

      Btw, Anggoro angkatan 2006, dia abang abang Divisi Logistik waktu STORE

      anyway, kok ga di tulis nama orientasinya/ospeknya, STORE. Anak NTC doang yang tau tuh.

      Hapus
    3. Hooo berarti kalian para senior kita yang ganteng dan kece itu dong. Hahahahha....iya bang Yugo saya kan posting ini dadakan aja jadi gak sempet buka- buka album apalagi liat-liat kaos ospek, jujur saya lupa bang kalo namanya STORE (Student Orientation) hahahah itu foto-foto juga yang ada di Facebook aja (mostly yang ada sayanya) hahahahaha soalnya foto-foto lainnya yang super kece ada dilaptop lama dirumah ortu hahaha... Makasih abang -abang senior yang sudah sudi mampir mengenang NTC lewat blog ini. CMIIW ya....kalo ada yang perlu diupdate akan saya update lagi postingannya.... :D

      Hapus
  5. wahhhh ada juga ulasan nya.....
    ini sepertinya junioran kita yah gor...
    sayank gw alumnus kuper jadi gk bisa eksis....
    hahahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya kuper bang, tapi pada sibuk ngoding kayaknya hahahaha mana sempet bikin ginian...

      Hapus
    2. Duh jgn bawa2 nama ane terus gan, gak enak nanti di kenal banyak orang :P

      Hapus
  6. wahhhh ada juga ulasan nya.....
    ini sepertinya junioran kita yah gor...
    sayank gw alumnus kuper jadi gk bisa eksis....
    hahahaha.....

    BalasHapus
  7. Ane dapet bini anak ntc alhamdulilah sesuatu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha keren ya angkatan taun berapa bininya gan, pasti pinter koding bininya hahahahahahahha

      Hapus
    2. Hoooo suaminya Alin toh ini hahahha

      Hapus
    3. Hahaha iyaa tuh. Ada2 aja komen nya dapet bini. padahal lagi ngomong in kenangan di ntc

      Hapus
    4. hahahahahha mantab dah laki bini lulusan NIIT anaknya IT banget ntar hahahha

      Hapus
    5. Duh blagu kali kau... Wakakakakak :P

      Hapus
  8. Balasan
    1. Hai Nino nino nino hahahahah salah satu kawan seperjuangan ni...

      Hapus
  9. Teria kasih Wuri udh nulis ttg NTC, mewakili anak NE nih hehe

    BalasHapus
  10. walah, pas blogwalking ke blog ini aku langsung liat popular postnya. Ada tulisan ttg NTC. Suamiku alumni sana hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebetulan banget ya mba, suaminya angkatan tahun berapa mba?

      Hapus
    2. Senior saya berarti, namanya siapa mba? Hehehehe

      Hapus
    3. setyo dwi wilopo, kenal gak? hehe

      Hapus
    4. Enggak hafal nama sih aku mba hihihi, mungkin kalau liat muka tau :D aku kan kupu kupu, kuliah pulang kuliah pulang

      Hapus
  11. Keren2.. baca blog lngs flash back zaman2 NTC.. kampus kecil tp sejuta kenangan hahhaa..
    Waktu STORE angkatan 2006 kan dpt CD.. siapa yg masih pnya ya.. mau dong copy.. keren abis STORE nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Sari, angkatan 2006 ya? saya adanya dvd store 2007 itupun ntah disimpan dmn hehhehe. Iyap bener banget, bener-bener kampus kenangan :'( kadang nyesek kalau keinget, bener-bener masa yang tak terlupakan :)

      Hapus
    2. wah mau dong.saya angkatan 07 jg, tp akhir tahun pindah kampus.sampai sekarang penasaran bgt sama kampus pertama dan berujung ke blognya mbak wuri.wkwkwk.terjawab semua deh!

      Hapus
  12. Wah foto gw sama pak budi.. Haha jadul.. Keren lah postinganya.. Bikin Kangen NTC �� Reuni lah.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini abang ntc 2006 yg ikut kompetisi ninja warrior, ototnya itu lho... Hmmmmmm bisa melintir hihihihi

      Hapus
  13. Waaahhh baru baca jd flashback...

    BalasHapus
  14. jadi ceritanya gw habis ngecontact STMIK Amik bdg buat legalisir ijazah dan terus browsing contact Univ Telkom yg nomor provider nya, mau menanyakan seputar kampus ntc gw dulu ini nih. eh nemu nya ini, blog nya si Wuri ternyata. hehehe. eehh ada foto gw jg ternyata, hahaha. jadi keinget waktu ngospek dulu. hehehehe

    BalasHapus
  15. jadi ceritanya gw habis ngecontact STMIK Amik bdg buat legalisir ijazah dan terus browsing contact Univ Telkom yg nomor provider nya, mau menanyakan seputar kampus ntc gw dulu ini nih. eh nemu nya ini, blog nya si Wuri ternyata. hehehe. eehh ada foto gw jg ternyata, hahaha. jadi keinget waktu ngospek dulu. hehehehe

    BalasHapus
  16. Wahh ada saya disamping Pak budi.. kangen NTC

    BalasHapus
  17. Wahhh baru dpt blog nya wuri..Gaaaa nyangkaaa nulisnya bisa sepanjang ini wur ...Mantapppo😍😍😍

    BalasHapus
  18. G nyangka bakalan nemu blog ttg NTC, jujur kangen bgt. Tapi sepertinya cuma gw aj yg g nyelesain disana dn memilih balik kampung, dn sekarang pun jdi mentor dilembaga sosial CDC. Tapi banyak bgt kenangan yg g akan gw lupakan selama jdi bagian dri NTC 🥰

    BalasHapus
  19. Haha... sangat memorable all those things perjuangan kita ya Wuri.. mewakili geng Linux dan angkatan NE Poltek nih, the best experience ever sewaktu kuliah ... dan kualitas lulusannya juga teruji tangguh..

    BalasHapus
  20. Wah keren uri ! (eh telat bnget ya gw XD)

    BalasHapus