Senin, Juni 27, 2016

Kasihan Si Bapak Driver Gojek :(

  39 comments    
categories: 
Hi Reader!

Mau berbagi pengalaman saya naik Gojek beberapa hari yang lalu nih (read curhat).
Malam itu seperti biasa saya memesan ojek online dari kantor menuju stasiun. Dapet driver seorang bapak-bapak. Ini adalah pengalaman paling nyebelin naik Gojek (bukan Driver atau Gojeknya yang nyebelin ya), tapi ada seseorang yang menelpon si bapak driver ditengah perjalanan saya. Awalnya si driver tidak menjawab panggilan telpon tersebut, tetapi berhubung panggilan terus menerus berdering di hp bapak driver jadilah diangkatlah panggilan tersebut oleh si driver. Awalnya saya tidak perduli dengan telepon si bapak driver, tetapi kok lama sekali si driver menerima telpon sambil menerima telepon, lama-lama saya tidak merasa nyaman, karena sangat berbahaya mengendarai motor sambil mengangkat telepon. Sampai akhirnya si bapak driver melipir dan memberhentikan motornya sambil menelepon (saya makin bete tapi mungkin itu urusan yang sangat penting, jadinya sabar-sabar) Hampir setengah jam berlalu si bapak driver belum selesai juga telepon.
Tiba-tiba si driver memberikan hp nya ke saya dia bilang minta tolong sms kan dan jawab telepon dia, dia bilang gak ngerti. OK walau saya kaget tetapi saya terima hp nya sambil bertanya "ini saya ngomong sama siapa pak"? Si driver bilang "Orang kantor (read Gojek) mba". Dan akhirnya saya pun bercakap-cakap dengan orang di hp tersebut sementara driver menjalankan sepeda motornya kembali.
Agak kaget tiba-tiba orang di dalam telpon tersebut tiba-tiba nyerocos gak jelas kurang lebih seperti ini.

S:Saya
P:Penelpon
D:Driver

P: "Halo, mba bisa minta tolong kirim kan sms, ketik User[spasi]id kirim ke 1418."
Dia melafalkan user itu "u-ser (dibaca u ser, terdengar oleh saya wu-ser)
S: "Hah????WUSER? User kali mas (baca yu:ser)
P:"Wu wu tau gak sih mba wuser"
S:"Apaan tuh wuser? yakin pake W?
(Saya mulai kesal)
P:"Enggak pake W mba langsung U"
S:"Lah tadi kan saya udah memperjelas mas, mas bilang WUSERRRRRR!"
P::"Yaudah, udah belom mbak?
S:"Eh Mas, saya customer lho, ini bapak drivernya lagi bawa saya ke tempat tujuan, bisa nanti aja gak sih nelponnya?emang penting banget apa?"
P:"Iya saya minta tolong mbak, makanya karena si driver lagi bawa motor, ini saya mau pindahkan deposit driver dari CIMB ke BCA. Jadi tolong smsin ke 1418 yang saya bilang tadi."
S: (Mencoba memencet pencet HP si driver) "Ini gimana sih gak bisa pencet apapun mas, gimana saya bisa sms????"
P:"Gimana sih mba, pake HP aja gak ngerti, HP si driver nya apa itu"
S:"ZTE! Eh jangan sembarang ya mas, HP saya beda jadi saya agak kagok pake HP ini (sombong >.<) ini hp tuh nge hank gimana saya mau pencet, matiin dulu lah biar gak nge hank!"
P:"OK mba saya matikan telponnya tapi mba segera sms yang saya bilang tadi ya.
S: "Iya"

Akhirnya telpon diputus oleh si penelepon. Sayapun menjalankan perintah si penelepon untuk sms user[spasi]id ke 1418, dan gagal. Ternyata HP si pak driver gak ada pulsanya untuk sms, saya rasa itu HP hanya untuk order GOJEK saja, karena sepertinya si pak driver kurang mengerti cara memakai HP ZTE tersebut walau hanya untuk sekedar SMS saja. Pak driver gojekpun langsung melipir ke counter HP untuk isi pulsa, ini fotonya. :((

Driver melipir isi pulsa karena tidak punya pulsa
Tak lama kemudian ada panggilan masuk ke hp pak driver yang saya pegang, berhubung si bapak driver sedang sibuk membeli pulsa. Nomor yang masuk adalah nomor pribadi 0838XXXXXXXXX saya tidak sempat foto nomornya karena saya kira nomor keluarga si pak gojek. Dan ternyata adalah suara penelpon yang tadi lagi.
P:"Halo gimana mba?!!"
S:"Eh, ini mas tadi yang katanya orang kantor gojek?"(saya mulai curiga karena nomor yang digunakan adalah nomor pribadi, bukan call center atau no kantor)
P:"Iya mba, saya yang tadi, udah sms blm?"
S:"Udah tapi gak kekirim, si bapak driver nya gak ada pulsa di HP nya,"
P:"Oke mba saya isikan pulsa ya."
(Saya makin bingung dan curiga, kok rajin amat ini pegawai gojek ampe ngisiin pulsa si driver)
Dan sms pun akhirnya terkirim karena pulsa telah terisi (dari si driver isi sendiri+pulsa dari penelpon)
Dan nomor yang tadi telepon lagi (sambil bapak driver gojek menjalankan lagi motornya dan HP si driver masih ditangan saya)
S:"Halo."
P:"Gimana mba?udah terkirim?udah ada balesannya belom?"!!
S:"Udah."
P:"Coba sebukan User dan passcode yang ada di sms itu!!"cepat"
S:"Eh mas, saya gak suka ya diginiin, saya ini customer, buru-buru, hujan pula, keganggu tau, mana disuruh-suruh kaya gini.!!!"
P:"Yaudah sebutin dulu"
(akhirnya saya sebutkan user dan passcode yang ada pada balasan sms tersebut, beberapa lama kemudian si penelpon menyuruh saya mengecek sms balasan lagi)

P:"Halo mba, ada sms balasan gak?"
(sayapun mengecek sms yang masuk)
S:"Ada."
P:"Tolong bacain!"
(Lupa detailnya, seingat saya intinya adalah saldo deposit anda sebesar 1.000.000 telah berpindah ke rekening bla bla bla)
P:"Oke mba, terima kasih bla bla bla (terus ngoceh dengan nada kegirangan)

Saya saat itu sudah sangat pusing, selain waktu saya jadi lebih lama menuju stasiun, menjadi satu jam lebih yang seharusnya 30 menit, ditambah sudah malam plus hujan dan saya harus menerima telepon di atas motor (rasanya sangat tidak mengenakkan sekali). Dan si penelpon masih saja ngoceh gak jelas.

S:"Pak, bisa dimatiin dulu gak sih telponnya, saya terganggu tau."
P:"Mba udah sampai tujuan?"
S:"Bentar lagi, udah matiin"
P:"Tolong kasih ke drivernya Mba!"
S: "Eh, mas ini siapaaa? namanya siapa? orang gojek?posisinya apa?
P:" Saya orang kantor mba!."
S:"Orang gojek bukan?sebagai apa?
P:"Saya orang kantor."
S:"POSISI APA?POSISI APA?"
P:(DIAM)
S:"ORANG GOJEK BUKAN!!?"
P:"Sa."
S: "JAWAB!SAYA TANYA ANDA ORANG GOJEK BUKAN?POSISI ANDA APA?!!!" (saya akhirnya marah)
P:"Saya bukan orang Gojek Mba, tapi saya yang urus masalh deposit."
S:"Berarti anda orang mana?orang bank?"
P:"Iya mba."

Saya makin curiga dengan orang di telpon tersebut. Berhubung saya sudah sampai tujuan, akhirnya saya turun dan saya berikan HP di bapak driver Gojek, saya sudah malas mendengar ocehan orang di hp itu. Akhirnya setelah saya bayar ongkos gojek saya, saya bilang ke bapak driver tersebut.

S:"Pak tolong bilang ke orang itu, lain kali kalau mau telepon jangan sampai ganggu kerjaan bapak, jangan sampai ganggu customer seperti ke saya tadi.

Dan si bapak driver itu hanya diam sambil masih mendengarkan ocehan orang di telpon itu yang tidak juga kunjung berhenti.

Setelah naik ke KRL, saya cek HP saya, kok order Gojek saya belum di "end proccess" oleh si Driver. Wah saya curiga si bapak Driver itu masih di telpon oleh penelpon tadi. Bahkan sampai sejam kemudian saya cek lagi, order Gojek saya yang tadi belum di "End" juga.

Akhirnya saya bilang ke suami saya, dan saya ceritakan hal tidak mengenakkan yang saya alami berusan. Akhirnya suami saya menelpon Call Center Gojek untuk mengadukan hal tersebut. Bukan apa-apa, kami hanya khawatir kalau si bapak Driver tadi terkena modus penipuan.

Ternyata dugaan kami benar, saat suami saya telpon ke pihak Gojek sepertinya pihak gojek sudah sangat paham apa yang kami ceritakan, mungkin sudah banyak kasus seperti yang dialami bapak driver gojek tadi yang menurut saya tentunya dengan sasaran driver gojek yang sudah tua dan kurang paham untuk hal-hal yang berbau dengan teknologi selain aplikasi gojek.

Setelah selesai menelpon call center akhirnya orderan saya barusan langsung ter "End". Saya berfikir apakah si bapak yang tidak mengerti cara "End Order" atau HP nya lowbat sehingga tidak sempat mengakhiri order di aplikasi miliknya. Karena si Call Center Gojek menelpon kembali mengabarkan bahwa nomor si driver tidak dapat dihubungi dan dari pihak Gojek berjanji akan segera menyelesaikan masalah ini.

Semoga saja pelaku kejahatan bermodus pemindahan deposit para driver itu segera di tangkap agar tidak ada lagi korban.

Saya hanya bisa mengelus dada sambil istighfar, kok ada ya orang-orang jahat seperti itu yang memanfaatkan kepolosan para driver ojek online demi mendapatkan uaang tanpa mau bekerja. Sedih kalau liat si bapak driver yang sudah agak tua dengan wajahnya yang letih seharian mencari nafkah harus ditipu pihak-pihak yang tidak berhati. :(

39 komentar:

  1. Duh ikut terharu bacanya mbak :-(
    semoga si bapak rejekinya diganti oleh Allah..
    mengingat temen saya juga ada yg berprofesi sebagai gojek semoga nggak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, tolong sampaikan ke temen nya ya mas biar gak jadi korban modus kayak gini :(

      Hapus
  2. Bzzzz, orang seperti mas penelepon itu enaknya dimaskerin mukanya pake madu, trus dicelupin ke bak isinya semut rangrang :((( HUH. JAHATTTTTT!!! Ngga pada takut apa ya klo mati tar gimana :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hukuman sadis yang cocok ala -ala beauty blogger ya kak Roos? iyah jahat banget tuh orang mikir hidupnya cuma di dunia aja kali mba

      Hapus
    2. Itu terapi untuk orang jahat hahahahhahahaha, masih mendinglah dari pada rambutnya di wax, dijadiin bulu mata palsu hahahha *gak sih ya, sakitan semut rangrang hihihihi

      Hapus
  3. Kampret jgua nih modusnya, kesian si bapak dirvernya yang kurang bisa bedain mana telp dari kantor sama orang yang ngaku-ngaku dari kantor. Untung simbak sempet cerita ke suaminya yang diterusin ke call canter, semoga kejadian mecem gini gak terulang lagi dah buat driver yang lain dan penipunya semoga tabrakan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga doa mu terkabul ya erdi :(.
      Iyah kasian banget bapak drivernya polos banget.

      Hapus
  4. Lah kok gitu sih? Kasihan bapaknya... :(

    BalasHapus
  5. jadi bapak gojek itu ditipu Mba? hiks kasihan :'(

    BalasHapus
  6. jadi bapak gojeknya beneran ditipu mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soalnya kalau si penelpon orang gojek, gak mungkin ngomongnya kasar, dan pihak call center juga bilang tidak ada proses pemindahan deposit dari cimb ke bca

      Hapus
  7. Selamat Sore,

    Kasihan sekali driver gojek itu. Modus penipuan seperti ini memangnya sudah umum ya?
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat gencar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar agar orang-orang yang ingin menyewa rumah dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan sejak awal tahun 2016.

    Saat ini saya membutuhkan bantuan anda untuk memberikan review mengenai serumah.com di situs blog anda. Kami sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkan di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya sudah beberapa yang kena bu, karena call center sepertinya sudah sangat paham saat dijelaskan via telpon oleh suami saya

      Hapus
  8. Ya Allah, saya jadi gak bisa berkata-kata nih. Pas baca ini, seolah-olah saya bisa lihat langsung kejadiannya, Teh Wuri.

    Kasihan bapak driver nya. Ahhhhh kok saya jadi ikutan galau yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh gimana aku yang ngalamin, ikut dikata-katain si penelpon dipaksa-paksa kirim sms terus dipaksa sebutin isi sms balesan ke penelpon, ngerasa bersalahnya dobel, semoga username dan passcode si driver segera di reset oleh pihak gojek

      Hapus
  9. Ampun, kok masih banyak orang yang menjahati antar sesamanya ya :' kasihan bapaknya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jahat banget, penipuan merajalela, gak pandang bulu siapapun calon korbannya :(

      Hapus
  10. kasian ya, modusnya mesti waspada

    BalasHapus
  11. Ya Allah sedih banget bacanya...kasihan pak gojeknya udah tua...dikelabui lagi...benaer2 makan uang haram tuh pelaku...makan uang haram :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh mba arinta, aku yang ngalamin sendiri masih berasa sedih kalo inget muka bapaknya yang polos dan agak "gaptek" pake hp ZTE nya minta tolong ke saya :(

      Hapus
  12. Orang jaman sekarang nyari uang kok ya pake cara2 ga halal. Ga sayang apa ya badannya dikasi makan uang haram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera tertangkap si penelpon itu ya mbak :(

      Hapus
  13. duuhhh wur.. gilaa..gue ga tega nge bacanyaaaa :(( . ya Tuhan,, msh ada aja penipu yg seneng begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ndah, gue juga kasihan banget kalau inget bapak itu :(

      Hapus
  14. Duuuuh kasian bgt mb,
    Aku yg udah ngerasain gmn capeknya cari uang,tau bgt gmn rasanya��
    Smg Allah mengganti rejeki yang lebih banyak buat bapaknya ya mb.

    BalasHapus
  15. Duuuuh kasian bgt mb,
    Aku yg udah ngerasain gmn capeknya cari uang,tau bgt gmn rasanya��
    Smg Allah mengganti rejeki yang lebih banyak buat bapaknya ya mb.

    BalasHapus
  16. kasihan bapa nya :'( , kurang ajar itu penipu

    BalasHapus
  17. owalah ada2 aja ya ulah buat menipu. semoga bapak gojek dapat rejeki lain yg lebih baik

    BalasHapus
  18. aku sedih banget bacanya :") itu sejuta loh mba yaAllah orang jaman sekarang ya kadang ga ada hati saking males kerja tapi mau duit. astagfirullah

    BalasHapus
  19. Kesian si Bapaknya.. Nyari nafkah susah2, panas terik hujan badai, eh malah ditipu. Semoga rezekinya diganti dengan yang lebih baik dan banyak oleh Allah. Aamiin..

    Salam kenal dari follower ke 51 mbak.. hehe

    BalasHapus