Kamis, Juni 16, 2016

Ketergantungan Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online

Hi Reader!

Sebagai seorang wanita pengguna jasa transportasi umum, saya adalah salah satu pihak yang sangat dimudahkan dengan adanya transportasi online yang merebak akhir-akhir ini. Mungkin saya juga harus berterima kasih kepada para founder transportasi online yang sangat jeli melihat peluang bisnis yang sangat bermanfaat untuk masyarakat khususnya pengguna jasa transportasi umum seperti saya yang setiap hari harus pulang-pergi Bogor-Jakarta.

Dulu, saat masih tinggal bersama orang tua di Bekasi, saya harus naik ojek dari rumah ke stasiun Bekasi. Dengan biaya 20 ribu rupiah, berarti kalau pulang pergi saya harus mengeluarkan biaya 40 ribu rupiah hanya untuk ojek rumah-stasiun dan sebaliknya. Lalu saya lanjut dengan naik KRL. Setelah sampai stasiun tujuan saya masih harus menyambung dengan menggunakan kopaja untuk sampai ke kantor atau client.

Kebayang kan betapa repotnya hidup saya saat itu, dan besar nya biaya yang harus saya keluarkan hanya untuk ongkos.

Tapi Alhamdulillah saya sangat senang ketika mulai merebaknya transportasi online seperti Go Jek , Grabb dan Uber. Karena tarifnya yang lebih murah otomatis memangkas biaya pengeluaran saya untuk ojek.

Walau saat ini saya sudah tinggal dengan suami di Bogor (tidak perlu naik ojek lagi ke stasiun) tetapi jarak antara stasiun tujuan dengan kantor saya lumayan jauh. Mau tidak mau untuk mempersingkat waktu saya pasti meggunakan jasa transportasi online seperti Gojek, Grabb dan Uber.

Sepertinya sudah sangat ketergantungan dengan aplikasi - aplikasi tersebut. Sehingga tiada hari tanpa menggunakan jasa - jasa mereka, kecuali weekend atau saat suami membawa kendaraan pribadi kekantor, karena suami saya juga menjadi KRL mania semenjak menikah dengan saya. (ketularan hehehe).
Banyak sekali suka dukanya menggunakan jasa transportasi berbasis online, dari yang kehujanan, jadi interviewer dadakan karena selalu kepo tanya-tanya si driver. Dari driver yang super ramah, pendiam, jutek, gak tau jalan sampai driver yang berantem karena kebetulan motor yang saya naiki ditendang oleh pejalan kaki ntah apa maksudnya.
Aplikasi yang sangat membantu saya saat ini menuju ke kantor dan stasiun

Bicara tentang aplikasi transportasi berbasis online, ada beberapa kejadian 2 hari terakhir ini yang saya alami cukup beda dari biasanya.

Kemarin saya keluar kantor pukul 19.30, akhirnya saya memutuskan untuk naik Go Car dari kantor ke stasiun karena sedang malas angin-anginan (sombong amat >.<). Saya tidak sendirian, melainkan berdua dengan teman saya. Akhirnya kami order dengan kendaraan yang kami dapat yaitu Daihatsu Xenia. Saat mobil datang, kami nyengir, mobil yang datang ternyata sangatlah imut penampakannya. Berikut foto mobilnya:
Mobil Hello Kitty
Aksesoris serba Hello Kitty
Datanglah mobil berstiker Hello Kitty, tidak hanya itu didalam penuh dengan Hello Kitty, seperti boneka-boneka kecil hello kitty, pajangan dashboard, Tempat tissue, penutup kaca (pokoknya full of hello kity). Sang driver kelihatannya masih sangat muda.
Order
Kami sebenarnya hanya membayar 26 ribu dari yang seharusnya 35 ribu rupiah karena kami memakai promo Go Pay. Setibanya di stasiun manggarai saya memberikan uang 50 ribu rupiah kepada driver, saya bilang "kembali 20 ribu aja mas". Tetapi driver menjawab " 35 ribu mba" . Oh saya agak tengsin sih jadinya. Akhirnya kami berdua masuk ke stasiun. Didalam stasiun kami baru sadar kalau kami sudah membayar via Go Pay yang seharusnya sudah tidak membayar tunai lagi. Terlebih - lebih yang kami bayarkan harga cash. Berarti kami membayar 26 ribu (via Go Pay) + 35 ribu secara tunai, yang seharusnya kami cukup dengan Go Pay saja.

Karena account pemesan adalah account milik teman, saya bertanya akan di iklaskan saja atau bagaimana uang tersebut, ternyata teman saya sepakat untuk mengikhlaskannya saja.
Tetapi teman saya iseng sms si driver seperti ini:
SMS si driver

Ternyata si Driver merespon dengan baik bahkan meminta no rekening untuk mengembalikan uang 35 ribu tersebut. Tapi tidak kunjung di balas oleh teman saya, karena memang dia hanya ingin mengetes kejujuran si driver tadi. (Maap ya Bang :D). Karena sms tak kunjung di balas, sang driver menelepon sampai berkali - kali tetapi teman saya tidak mau angkat (berarti memang baik banget driver ini).
Panggilan tak terjawab dari driver
Dan sampai saya memposting ini Driver tersebut masih digantungkan panggilan teleponnya oleh teman saya -_- (kasian si abang Driver).

Lanjut lagi, hari ini dari stasiun menuju kantor saya memutuskan untuk naik Uber Motor. Si Driver cukup ramah, banyak bertanya-tanya seputar saya sebagai pelanggan Uber. Sampai si driver memberika kode promo untuk saya pakai. hihihihi. Alhamdulillah rejeki emak solehah ya . :D
Kode promo dari driver

Sekian curhatan saya seputar ketergantungan saya yang sudah satu tahun ini menjadi pelanggan setia aplikasi transportasi online. Apakah anda juga seperti saya? :D

10 komentar:

  1. Dengan adanya transportasi onloine sangat memudahkan kita apabila hendak pergi kemana-mana :) baik banget ya Driver nya jujur mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju banget, mau kemana-mana kalau sendirian jadi lebih gampang dan sedikit kemungkinan nyasar nya :D

      Hapus
  2. Waw itu aplikasi sampe lengkap gitu mbak wuri..

    Haha lucu liat mobil ama aksesoris hello kitty semua. Salut euy untuk driver yang jujur itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tergantung yang mana yang lagi promo itu yang dipake hehehehe (maklum emak-emak)

      Hapus
  3. aku baru pake grab car. yg lain belum nyoba. kudet ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ayo mba coba yang lain juga, biar bisa bandingin :D. Kalau aku sih yang mana yang lagi ngasih promo paling keren itu yang aku pake hihihi

      Hapus
  4. Seribu satu ya mb wuri ada yang jujur begitu
    Aihhh semoga blio melimpahbrizki deh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, iya mba nit, jujur banget ampe niat banget pengen ngebalikin 35rb nya :D

      Hapus
  5. Aku juga punya ketiganya. Buat perbandingan harga. Hahahahaha.
    Btw mobil helokitty itu kaya mobil temenku, tp temenku cewe. Supirnya cowo ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba, makanya aku instal ketiganya, buat jaga-jaga kalau salah satu diantaranya error, dan yang paling utamanya buat bandingin, mana yang paling murah dan yang kasih promo paling bagus :)).
      Supirnya cowo mba Ratu, kayak masih abg gitu, hahahaha jangan-jangan mobil temennya mba ratu, hihihi

      Hapus